Mengenal dan Menggunakan Fungsi “IF”

Posted on Updated on

Menggunakan fungsi “IF” pada MS Excel

Ms excel adalah sebuah aplikasi buatan Microsoft yang sejatinya digunakan untuk mengolah data spreadsheet. Namun dalam penggunaannya ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk membuat aplikasi perhitungan sederhana dengan memanfaatkan beberapa rumus-rumus tertentu.

Salah satu diantaranya yang paling sering digunakan adalah fungsi IF. “IF” dipergunakan untuk menentukan suatu kondisi yang diinginkan atas sebuah pernyataan yang kita buat atau logical test.

Rumus dasarnya adalah =IF(Logical value; Value if true; value if false).

Logical test  adalah pernyataan yang kita buat dengan merujuk kepada sebuah cell yang kita jadikan sumber test untuk  melihat kondisi yang dihasilkan.

Value if true adalah kondisi jika pernyataan yang dibuat bernilai benar (true)

Value if false adalah kondisi jika pernyataan yang dibuat bernilai salah (false)

Contoh :

Sebuah cell akan di test pernyataannya yang mana jika bernilai benar akan mendapatkan “BONUS” dan jika bernilai salah maka “BONUS TIDAK DAPAT”.

Pernyataan yang dibuat untuk melakukan test logical adalah  jika cell bernilai lebih dari atau sama dengan 60 maka cell tersebut  akan mendapatkan bonus dan sebaliknya cell yang bernilai kurang dari 60 maka tidak akan mendapatkan bonus

A B C D
1 Nilai Hasil
2 61 BONUS
3 59 BONUS TIDAK DAPAT
4
5
Rumus ==>  =IF(A2>=60;“BONUS”;“BONUS TIDAK DAPAT”)
 =IF(A3>=60;“BONUS”;“BONUS TIDAK DAPAT”)

Pada prakteknya, kadangkala kondisi yang diinginkan bisa lebih dari 2, bahkan bisa lebih dari 10 kondisi yang diinginkan. Nah, untuk memasukkan kondisi-kondisi yang lain, maka kondisi jika pernyatan salah (Value if false), dapat kita isi lagi dengan pernyataan yang baru sesuai dengan yang kita inginkan.

Contoh :

Pernyataan yang dibuat untuk melakukan test logical adalah  jika cell bernilai lebih dari sama dengan 60 maka cell tersebut  akan mendapatkan bonus dan sebaliknya cell yang bernilai kurang dari 60 maka tidak akan mendapatkan bonus, serta jika bernilai 100 akan mendapatkan “Bonus ganda”.

“Bonus ganda” disini kita anggap sebagai kondisi lain yang kita ingin tambahkan kedalam rumus kita nanti, dan jika bernilai benar (cell rujukan bernilai 100) maka akan mendapatkan bonus ganda.

A

B

C

D

1

Nilai

Hasil

2

61

BONUS

3

59

BONUS TIDAK DAPAT

4

100

BONUS GANDA

5

Rumus ==> =IF(A2=100;“BONUS GANDA”;IF(A2>=60;“BONUS”;“BONUS TIDAK DAPAT”))

Nah demikian sekilas pengenalan tentang cara penggunaan fungsi IF pada Ms Excel serta kegunaannya dalam pengelolaan data.

Leave a comment