Menggunakan Fungsi AND dan OR pada MS Excel

Posted on Updated on

Fungsi And

Penerapan  penggunaan rumus AND dan OR biasanya berkaitan dan beiringan dengan penggunaan fungsi IF.

AND dipergunakan untuk menjelaskan syarat diterimanya sebuah pernyataan apabila 2 atau lebih syarat terpenuhi. Jadi ketika kita menginginkan kondisi pertama yang muncul dalam pernyataan logical test kita maka syarat ke- 1 dan syarat ke-2 dan ke-3 dst harus terpenuhi.

Contoh :

Pernyataan yang dibuat adalah : “ Jika siswa ingin dinyatakan lulus maka siswa harus memiliki nilai matematika DAN  Bahasa diatas 70. Jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya tidak terpenuhi maka dinyatakan tidak lulus.”

Sehingga dengan kata lain seorang siswa dinyatakan LULUS apabila syarat ke-1 (Nilai Bahasa) DAN  syarat ke-2 (Nilai Matematika) terpenuhi  atau dengan kata lain nilai harus kedua-duanya diatas 70

Rumusnya adalah :

A

B

C

D

1
2 Nama

Nilai Bahasa

Nilai Matika

Keterangan

3 Jono

60

80

TIDAK LULUS

4 Joni

80

65

TIDAK LULUS

5 Tono

50

50

TIDAK LULUS

6 Toni

71

72

LULUS

7
8 RUMUS===>> =IF(AND(B3>70;C3>70);Lulus;Tidak Lulus))

Fungsi OR

OR dipergunakan untuk menjelaskan syarat diterimanya sebuah pernyataan apabila salah satu atau lebih dari syarat-syarat yang ada terpenuhi. Jadi ketika kita menginginkan kondisi pertama yang muncul dalam pernyataan logical test kita maka syarat ke- 1 ATAU syarat ke-2 ATAU ke-3 dst harus terpenuhi. Atau dari syarat-syarat yang ada terpenuhi semua.

Contoh :

Pernyataan yang dibuat adalah : “ Jika siswa ingin dinyatakan lulus maka siswa harus memiliki nilai matematika ATAU  Bahasa diatas 70. Jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya tidak terpenuhi maka dinyatakan tidak lulus. Dan sebaliknya, jika salah satu syarat sudah terpenuhi maka itu sudah cukup untuk munculnya kondisi yang pertama”

Sehingga dengan kata lain seorang siswa dinyatakan LULUS apabila syarat ke-1 (Nilai Bahasa) ATAU  syarat ke-2 (Nilai Matematika) atau kedua-duanya terpenuhi  nilainya diatas 70

Rumusnya adalah :

A

B

C

D

1
2 Nama

Nilai Bahasa

Nilai Matika

Keterangan

3 Jono

60

80

LULUS

4 Joni

80

65

LULUS

5 Tono

50

50

TIDAK LULUS

6 Toni

71

72

LULUS

7
8 RUMUS===>> =IF(OR(B3>70;C3>70);Lulus;Tidak Lulus))
9
10

Leave a comment